Laman

Sabtu, 03 Maret 2018

Kenalilah cinta karena Allah

Bagaimana cara mengenal cinta kita karena Allah??

Tanya:
Assalamu'alaikum Wr Wb
Umy...saya mau curhat dong..saya adalah siswa kelas tiga disalah satu SMA.akhir akhir ini ada yang berubah dalam hidup saya. disekolah ada seorang teman lelaki, selama tiga tahun saya sekolah di SMA tidak pernah merasakan sesuatu yang berbeda. namun disaat akan perpisahan ini tiba tiba ada perasaan yang mengganggu saya. seperti gelisah, saya jadi sering memikirkan teman saya itu. namun saya takut jika yang saya rasakan ini justru menjerumuskan saya pada perbuatan dosa. 

pertanyaan saya : 
bagaimana membedakan cinta kita benar benar karena Allah atau bukan?

trims
Yani,cikarang

Jawab:

Wa'alaikumsalam Wr Wb
Saudari Jessica yang dirahmati Allah SWT,
Cinta itu fitrah yang pasti dirasakan oleh setiap manusia..namun kita perlu tetap waspada agar cinta yang semestinya menjadi anugerah Allah jangan sampai terkotori dengan hal hal yang tidak di ridhoi oleh Allah.

rasulullah pernah bersabda:
”Barang siapa mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah, dan mencegah karena Allah, maka ia sudah menyempurnakan iman.” (Dishahihkan oleh al-Albani).

Coba bayangkan betapa indahnya jika cinta kita berorientasi kepada ridha Allah, karena pada hakikatnya cinta berasal dari Allah Swt. Sangat layak dan sudah semestinya kita mencintai karena Allah. Bukankah hanya Allah-lah yang dapat membuat kita jatuh cinta?

Jika kita sudah mulai merasa ada kerinduan, sering mengingat ingat, membayangkan, berharap selalu dekat pada seseorang maka sebenarnya itu sudah mewakili ciri ciri jatuh cinta lho.. :)

maka kita harus cepat menghadirkan kesadaran kita untuk menimbang nimbang apakah ini ini cinta yang di ridhoi Allah atau mungkin inilah cinta yang dibenci Allah.

Untuk menimbangnya kita bisa melihat perubahan sikap kita dalam mencintai,
kalau cinta yang di ridhoi Allah kita pasti merasakan :
1. Pergantian sikap negatif dari dalam diri menjadi positif.
2. Kadar keimanan dan frekuensi ibadah semakin meningkat.
3. Mengerjakan yang ma'ruf dan mencegah yang munkar.
4. Selalu bertindak sesuai syari'ah dalam setiap perbuatan.

Jika tanda-tanda tersebut telah ada dalam diri kita, berarti cinta kita termasuk yang diridhoi Allah. jika ternyata yang terjadi adalah kebalikannya...maka Waspadalah ! waspadalah ! :)
Wallahu a'lam bishawab.

Umy Bunga Nur Nisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar